Monday, November 2, 2015

"Selamat ya, Bu, Pak..."

Dua minggu pun berlalu, akhirnya kami menjadwalkan untuk kontrol dengan dr. Farchan Djoened di Klinik Kimia Farma, Juanda pada Jumat, 15 Juni 2015. Beliau praktek pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Kami datang tepat pukul 19.00 WIB dan dr. Farchan tiba pukul 20.00 WIB (well, no problem! maklum, saking excitednya).

Saya sudah pernah baca beberapa blog yang menyatakan bahwa dr. Farchan cenderung pendiam jadi harus kita yang inisiatif untuk bertanya. Namun, pada check-up pertama ini, beliau tidak sependiam itu. Lebih tepatnya beliau menginformasikan apa yang harus diinformasikan dan menjawab apa yang ditanyakan oleh pasien.

Beberapa pertanyaan yang dr. Farchan tanyakan antara lain:


1. Kapan terakhir kali mesntruasi?
2. Tanggal berapa dimulainya menstruasi pada menstruasi terakhir itu?
3. Berat badan berapa? *kebetulan saya lupa dan ngga yakin pastinya berapa, alhasil ditimbang dulu. Timbangan menunjukkan diangka 50 kg.

Kemudian USG pun dimulai. Ehm, alat USG nya sepertinya sudah kuno, jadi kurang terlihat jelas. Tapi saya dan Billah bisa melihat ada kantung berbentuk bulat.. Kemudian dr. Farchan pun mengucapkan: "Selamat ya, Bu, Pak, positif hamil"

ALHAMDULILLAH, akhirnya kalimat itu terucap juga.


"Kakak berumur 6 minggu 1 hari"
Kalau dilihat secara seksama, tertera GS berukuran 2,3 cm yang artinya ukuran si kantung janin masih sebesar 2,3 cm. Keciiiiiilll banget! Ngga kebayang si bayiknya sekecil apa...
Terlihat juga umur kandungan yaitu 6w1d dan EDD (Estimated Delviery Date), yaitu 7 Februari 2016. Yippy!

dr. Farchan memberikan vitamin yang sama, yaitu Folamil Genio dan obat penguat kandungan Duphaston untuk 30 hari. Kemudian beliau pun bertanya apakah pusing dan mual, jika iya, beliau hanya bilang: "Enjoy saja ya, Bu. Tidak akan saya kasih obat untuk mengurangi dua keluhan tersebut." kemudian beliau mengingatkan untuk tidak berhubungan sex terlebih dahulu, serta mengurangi MSG, mentah dan bakar (basically sama seperti saran dr. Probo).

Sejak sebelum menikah, saya dan Billah suka iseng, sekiranya kalau punya anak, mau dipanggil apa. Ternyata Billah maunya dipanggil AYAH dana saya maunya dipanggil IBU. Kemudian kami memanggil si jabang bayi dengan panggilan KAKAK!

Ayah & Ibu sayang Kakak!!

0 comments:

Post a Comment