Friday, November 20, 2015

If you can't say something nice, don't say anything at all!"

"If you can't say something nice don't say anything at all!"

Saya sedang belajar dari kalimat di atas. Lebih baik diam, daripada keluar kata-kata yang belum tentu orang lain senang mendengarnya. Ada lho orang yang emang bener-bener setiap kali ngomong tuh nyelekit/nyinyir. Astagaaa, saya merasakan hal itu dimulai dari sebelum saya nikah. Segelintir orang lebih suka nanya atau kasih statement:
1. Udah yakin? Bener ngga nyesel? Nanti ngga bisa kumpul-kumpul/ bebas lagi lho kalo udah ada suami....
2. Udah siap pulang pergi Bogor - Jakarta - Bogor? Bangun jam 4 pagi lho... 
3. (Hal sepele) Nanti kawinan pake heels lebih dari 3 jam lho. Emang kuat!?
4. Ngapain cepet-cepet, umur masih 24 juga...

Sampai saya hamil, masih ada juga yang komentar:
5. Cepet banget? Ih, bukannya nikmatin dulu masa-masa honeymoon. Nyesel lho!
6. Nanti makin gede, perutnya makin banyak stretch mark nya. Nanti perutnya jadi ngga oke lagi lho!
7. Punya anak tuh butuh biaya besar banget! Harusnya kamu nunda dulu aja! (What!?)
8. Kalau anaknya laki-laki, yaaah siap-siap deh putingnya berdarah-darah.
9. Lo bakal ngerasain mual/muntah sampai anak lo lahir! (Zzz!)
10. Siap-siap begadang, ngga ada cerita deh lo tidur nyenyak... Selamat yaaa!

Luar biasa kan komentar-komentar di atas. Terkadang saking gendeknya, suka saya balas nyinyir juga. Tapi lama kelamaan, iya iya aja.

Instead of above statements, kenapa ngga diganti jadi gini:
1. Good luck ya! InsyaAllah lancar... Nanti kalo kumpul-kumpul jadi ramai, soalnya udah ada suami yang antar sana-sini.
2. Wah, pulang pergi Bogor - Jakarta - Bogor ya?! Udah ngga boleh begadang ya, Tasya! Biar waktu tidurnya cukup dan jangan lupa dopping vitamin. Oiya, nanti di mobil selama perjalanan juga masih bisa lanjut boboknya kok.
3. Nanti setelah resepsi, harus spend time buat pijet ya Tasya. Pengalaman aku kemaren, berdirinya lumayan bikin kaki pegel soalnya. 
4. Hebaaat umur 24 udah bisa ambil keputusan untuk menikah. Semoga lancar dan berkah ya! Nanti kalau langsung punya anak, pas udah gede, bisa gaul bareng.
5. Alhamdulillah! Semoga lancar hingga persalinan ya.
6. Eh, ini ada cream/oil bagus untuk mengurangi stretch mark. Ada/ngga ada, bagus untuk Ibu hamil...
7. Mulai nabung ya Tasya. Ngga ada salahnya nyisihin uang buat si baby kan....
8. Pengalaman aku kemarin, puting aku sempet berdarah, kalau kamu berdarah juga, aku saranin pake cream/oil ini.. Mengurangi perih dan sakitnya.
9. Kamu mual/muntah? Kalo iya, nikmatin aja. InsyaAllah ngga lama kok! Jangan minum obat ya...
10. Kalau anak lahir, sebisa mungkin curi-curi bobok ya. Biar sama-sama istirahat kaya baby nya.

Lebih enak kan ya? 

Saya belajar untuk berkomentar yang "membangun" kepada teman-teman saya yang sedang dalam proses menuju pelaminan dan baru hamil. Kalo emang ada kejadian yang ngga ngenakin yang saya alami, sebisa mungkin saya jadikan saran. InsyaAllah akan terus belajaaaarrrr! 

0 comments:

Post a Comment